OPEN RECRUITMENT!!! Klik "Recruitment"

Rabu, 18 November 2015

Bhakti Untuk Jombang #4




Kabupaten Jombang yang memiliki julukan kota Santri ini merupakan sebuah kabupaten di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Luas wilayahnya 1.159,50 km² dan jumlah penduduk dalam pencatatan BPS tahun 2012, ada 904.625 penduduk dengan kriteria 601.914 penduduk angkatan kerja  dan 302.711 bukan angkatan kerja.

 “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda, niscaya akan aku guncangkan dunia” merupakan salah satu dari ungkapan Bung Karno yang memang dikenal oleh masyarakat, terutama kaum muda. Jika kita renungkan, maka makna dari kalimat Bung Karno tersebut sangat mengena, terutama bagi pemuda-pemuda penggerak aksi masa. Bung Karno menyiratkan suatu harapan besar bagi kaum muda Indonesia untuk bisa memperbaiki Indonesia.
Komunitas Aksi Muda Jombang atau biasa disingkat AMJ merupakan sebuah organisasi non profit yang berupa komunitas anak muda yang memiliki ketertarikan di bidang kegiatan sosial. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan adalah melakukan bakti sosial ke salah satu sekolah di Kecamatan Bareng, yaitu sekolah MI dan SMPT Al Hikmah. Kegiatan bakti sosial yang menginjak tahun kedua ini merupakan kegiatan yang juga menjadi titik awal terbentuknya Komunitas Aksi Muda Jombang. Pada tengah tahun pertama tahun 2015 ini, tepatnya pada tanggal 11 Juli 2015, komunitas Aksi Muda Jombang melakukan bakti sosial dengan tema “Hujan Inspirasi”.

Konsep yang dibawakan dalam bhakti sosial ini adalah pentas seni dan pembuatan perpustakaan mini. Dalam aksi pengumpulan bukunya, AMJ disokong oleh Komunitas GM Familia dengan sumbangan beberapa kardus buku. Selain buku, ada pula sumbangan dari donatur berupa dua almari buku baru. Acara bakti sosial ini dihadiri oleh seluruh siswa siswi Al Hikmah, dewan guru, dan para donatur.

Tema “Hujan Inspirasi” semakin terasa ketika para anggota komunitas AMJ menampilkan karya seni drama musikal sesuai dengan tema acara. Drama ini dibawakan dengan sangat baik dan menarik, properti dan kostum yang ditampilkan pun mendukung kesuksesan penampilan drama tersebut. Tidak heran, para pemain sudah mempersiapkan penampilan dari beberapa hari sebelum tampil, dan bahkan ada proses perekaman suara dubbing agar sewaktu penampilan bisa maksimal.

Cerita berawal dari seorang gadis kecil sedang memikirkan masa depannya tiba-tiba menemukan botol kecil. Setelah digosok, ternyata dari botol tersebut muncul seorang jin yang bias mengabulkan 3 permintaan. Akhirnya gadis kecil tersebut meminta ditunjukkan beberapa pekerjaan sebagai pengetahuan. Ada dokter, dokter gigi, psikolog, perawat, apoteker, insinyur, penulis, kontraktor, dan beberapa pekerjaan lainnya. Sampai akhirnya gadis kecil itupun tau dia ingin menjadi apa di masa depan, dan dia juga tahu bahwa dia harus belajar giat untuk bisa mendapatkan profesi tersebut.





Para pemain drama menggelar aksi panggungnya di halaman sekolah MI-SMPT Al Hikmah. Penampilan berlangsung sekitar 30 menit. Para penonton yang duduk di bawah payungan terop pun menyaksikan dengan penuh seksama. Karena drama ini berisi kisah beberapa jenis pekerjaan, para pemain melanjutkan sesinya dengan mengajak siswa siswi Al Hikmah berbincang tentang pekerjaan impian dan pertanyaan apapun terkait masa depan. 
Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama, seserahan, dan bersalaman secara melingkar. Seserahan pertama berupa pemberian plakat oleh ketua AMJ (Arie Eka Junia) dan simbolisasi pemberian buku perpustakaan oleh ketua panitia (Vindy Rahmawan Pratama Putra) kepada Kepala Sekolah (Bapak Bambang Heru).

“Tuhan tidak merubah nasib suatu bangsa, sebelum bangsa itu merubah nasibnya”. Sehingga, Komunitas Aksi Muda Jombang berusaha untuk merubah nasib bangsa Indonesia, dimulai dari hal kecil, yaitu menginspirasi anak-anak untuk bisa melanjutkan sekolah, belajar, dan mencapai cita-cita yang diinginkannya. Karena dari pendidikanlah segala aspek tentang bangsa Indonesia bisa dipelajari.


Red | Yunisa Sholikhati
Share This

2 komentar:

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *